Instalasi VMWare vSphere Client

Assalamualaikum wr wb

Jumpa lagi di Fajar Blog. Mumpung ada kesempatan menulis, kali ini saya akan membahas teknologi virtualisasi lagi. Yap, VMWare vSphere! Tulisan ini sebenarnya merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya. Oke mari simak postingan berikut.




Penjelasan

Setelah sebelumnya saya memposting Instalasi VMWare vSphere 6.0 , kali ini saya akan membahas Instalasi VMWare vSphere Client. Manajemen VMWare VSphere/ESXi dilakukan dengan menggunakan aplikasi VMWare VSphere Client yang berjalan pada sistem Windows. Sebenarnya tersedia juga tools untuk manajemen VMWare ESXi berbasis Linux namun saat ini yang tersedia berupa tools CLI (Command Line Interface).

Langkah

Instalasi VMWare vSphere client cukup mudah, disini saya menggunakan Windows7 sebagai vSphere client. Pastikan komputer / laptop terkoneksi dengan server vSphere. Untuk mendownload VMWare vSphere client, kita cukup mengetikkan https://IP-Address-vSphere di browser.

Apabila muncul "Privacy error" jangan panik. Tenang saja kawan hehehe. Klik "Advanced"

Kemudian klik "Proceed to IP Address (unsave)"

Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah

Berikut adalah panduan instalasi dan penggunaan VMWare VSphere Client untuk keperluan manajemen virtual machine pada VMWare ESXi :

  • Download VMWare Infrastructure Client pada alamat https://IP-Address-vSphere seperti pada tutorial diatas atau bisa juga didownload langsung pada alamat download ESXi. Nama filenya adalah VMware-viclient-all-xxx.exe
  • Instalasikan pada sistem Windows. Jika menggunakan Linux, terpaksa menjalankan Windows melalui VirtualBox. Saya belum pernah coba VMWare VSphere Client menggunakan Wine apakah memungkinkan atau tidak. Masalah utama adalah karena VMWare VSphere Client menggunakan .NET Framework yang kemungkinan besar gagal dijalankan via Wine.
  • Proses instalasi akan berjalan. Ikuti wizard instalasi, jangan khawatir jika prosesnya kelihatan terhenti di fase tertentu. Biasanya jika demikian yang terjadi, proses instalasi bukan hang melainkan sedang dalam proses instalasi paket yang cukup besar, kecuali terhentinya terlalu lama.
  • Setelah selesai instalasi, kita bisa menggunakan VMWare VSphere Client untuk melakukan manajemen VMWare ESXi. Klik icon VMWare VSphere Client hingga masuk ke tampilan login

Jika muncul "Security Warning" beri checklist pada "Install this certificate and do not display..." Kemudian klik "Ignore"

Seperti inilah tampilan vSphere Client, kita dapat membuat virtual machine disini.


Sekian, semoga bermanfaat.
Postingan akan berlanjut ke materi selanjutnya.


Wassalamualaikum wr wb


Sumber referensi : https://www.excellent.co.id/product-services/vmware/belajar-teknologi-virtualisasi-3-instalasi-vmware-vsphere-client/


EmoticonEmoticon

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×